Ad Code

Membuat atap pada sketchup

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas cara membuat pintu dan jendela pada sketchup. Kali ini kita akan melanjutkan membuat atapnya Untuk tutorial atap kita akan menggunakan perintah rectangle, push/pull, protractor dan follow me.
tutorial membuat atap bubungan list plak

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Pertama buat plat atap diatas dinding dengan rectangle tool. kemudian push setebal 10cm.

    dak beton atap sketchup
  •  Lalu buat dinding ke atas seperti gambar ssetebal 15cm. 
  • Berikutnya buat bentuk atap sesuai gambar. Garis yang di tengah bisa dihapus karena kita hanya menggunakan bagian pinggir saja.

    • Buat garis pada midpoint lalu buat garis ke atas untuk memudahkan membuat bidang. Lalu buat segi empat dengan tinggi sembarang.
    • Lalu ginakan protractor tool dan buat sudut 35°. caranya klik pada sudut kemudian klik pada garis yang horizontal kemudian tulis 35 lalu enter. kemudia buat garis miring lalu hapus bidang yang tidak perlu sesuai gambar dibawah.
    cara menggunakan tool protractor
     
    • Selanjutnya kita akan menggunakan perintah fillow me. Pertama klik bidang yang dibawah lalu klik tool follow me kemudian klik bidang segitiga. Bentuk atappun mulai terlihat tinggal memperbaiki beberapa bagian.
     
    cara menggunakan tool follow me untuk membuat atap sketchup
     

    • berikitnya buat garis susuai gambar dibawah kenudian hapus bidang yang tidak perlu. maka atap akan terlihat seperti gambar di bawah.
     
     
      
    Demikian tutorial mambuat atap pada sketchup part #1. untuk part berikutnya kita akan memuat list plank dan bubungan pada atap. Jika ada bagian yang tidak anda mengerti silahkan berkomentar di bawah.

Post a Comment

0 Comments