Ad Code

Perbedaan Group dan Component pada Sketchup

Apa perbedaan antara group dan component? mungin ini pertanyaan yang sering terpikirkan ketika pertama kali menggunakan Sketchup. Hal ini penting sekali anda ketahui apalagi yang anda gambar bangunan yang cukup besar. hal ini akan kita bahas pada post kali ini.



1. Group
Secara sederhana group dapat diartikan menggabungkan objek menjadi satu. Hal ini sangat berguna misalnya anda bisa menyembunyikan objek (hide) dalam satu klik, menempelkan bidang tetapi tidak bersatu. 

Untuk mengubah objek menjadi group anda bisa melakukan dengan cara: memilih objek yang anda ingin ubah klik kanan kemudian pilih make group atau dengan shortcut g.

2. Component
Component adalah tipe group yang sangat berguna jika anda membuat objek yang sama. contohnya anda membuat pintu dalam suatu rumah. jika suatu saat anda perlu merubah pintu tersebut maka semua pintu akan berubah.

Untuk membuat component caranya adalah: pilih objek yang anda inginkan kemudian klik kanan lalu pilih make component

Jika anda ingin mengubah component tanpa merubah yang lain anda bisa melakukannya dengan klik kanan lalu pilih make unique, Pada kasus yang lain, misalnya anda mempunyai 5 pintu. tetapi anda ingin mengubah 2 pintu menjadi bentuk yang lain anda bisa memilih 2 pintu tersebut kemudian make unique maka anda akan memiliki component yang lain.

Post a Comment

0 Comments